Vekesyen II – Bromo

August 19, 2013 § 4 Comments

blog bromo (6)“Sesungguhnya liburan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin”.
Nah kata-kata itu yang membuat ayas jadi bersemangat buat liburan. Walaupun deadline TA masih gak bisa hilang dari kepala, toh gak ada salahnya sesekali menikmati liburan. Tujuannya fix buat menikmati sunrise di Gunung Bromo. Sudah pada tau Bromo kan? masih ada yg belum tahu? wah kebangetan. Kalo misal emang belum tahu mending sekarang bikin new tab terus tanya mbah gugel, cepetan soalnya ayas juga gak bahas Bromo itu makanan kayak gimana.😀

Oke, ayas berangkat ke Bromo pas waktu liburan lebaran kemarin ini, tepatnya sehari sebelum 17 Agustus. Kenapa milih hari itu, soalnya supaya bisa merasakan momen kemerdekaan di puncak gunung yang pasti beda feelnya sama ngerayain kemerdekaan di tempat lain dong. Ayas berangkat ke Bromo dari Malang via Probolinggo, hampir sekitar 5 jam perjalanan. Berangkat dari Malang jam 5 sore dan sampai di Bromo sekitar jam 11 malam. Ayas jadinya berangkat 10 orang dan setelah itu kamilangsung pergi ke area kemping buat sekedar beristirahat selama beberapa jam sebelum pergi ke penanjakan buat lihat sunrise. Kebodohan terjadi disini, kami semua belum ada yang bener-bener bisa masang tenda! alhasil selama sejam kami semua mbulet bongkar pasang tenda dan akhirnya bagus banged. Gak ada tenda yang bener-bener jadi. Pokok asal berdiri aja kami semua uda seneng *maklum jarang ikut persami waktu SD*. Akhirnya kami cuma istirahat di dalem tenda yang berdiri ala kadarnya, mungkin kalo ada angin kenceng itu tenda pasti jatuh juga.

Sekitar jam 3 kami semua bangun, beres-beres tenda, langsung capcus ke tempat parkir tadi buat cari jeep untuk pergi ke penanjakan. Ternyata oh ternyata, lokasi kami parkir yang jam 11 tadi itu masih sepi sekarang udah dibanjiri mobil-mobil dan wisatawan-wisatawan lain. wadafa! Kami salah perhitungan. Ini pasti gara-gara momen liburan + tanggal 17 Agustus + efek film naik gunung itu  . Dan harga jeep untuk pergi ke penanjakan + lokasi wisata yang lain jadi naik 2x lipat! Kalau hari-hari biasa harga normal antara 250-350rb, waktu tanggal 17 Agustus kemarin naik jadi 700rb per Jeep yang katanya max. diisi 6 orang. Setelah hampir setengah jam tanya-tanya dan tawar-tawar sana sini emang harganya dibandrol segitu semuanya dan ini sempet bikin kami mikir lama banged soalnya kami harus sewa 2 mobil karena jumlah kami 10 orang. Kami rundingan lama sampai semua orang-orang udah pada berangkat dan otomatis kami sudah kehilangan kuota untuk pergi lihat sunrise di Penanjakan dan harus beralih ke Kawah Bromo buat lihat sunrise.

Tapi disaat kami mulai menyerah dan pasrah buat nyewa 2 jeep tadi, datanglah bapak-baik-hati-jeep-ijo yang nawarin kami semua naik ke Kawah Bromo cuma 25rb rupiah + 10 orang bisa masuk dalam 1 jeep. What a gift! Tanpa pikir panjang kami iyakan tawaran bapak-baik-hati-jeep-ijo itu. Waktu di dalem kami juga tanya kalo sekalian pergi ke lokasi wisata yang lain kena berapa, Bapaknya bilang kalo sama kena 700rb per jeep. Tapi karena kayaknya bapak-baik-hati-jeep-ijo ini emang bener-bener baik atau kasihan lihat kami semua, kami masih dikasih potongan harga 100rb! hahaha

FYI : kalo berangkat ke Bromo usahakan lihat tanggal dulu karena harga sewa jeepnya bisa berbeda antara hari biasa dan hari libur. Yang pasti usahakan selalu menawar ke Bapak supirnya.😛

Sesampainya di puncak Kawah Bromo, pemandangan yang disuguhkan emang bener-bener luar biasa! Sunrise, Kabut yang berselimut di bawah kaki gunung, janjos!

blog - bromo - sunrise1

blog_pura

Nah berhubung ayas kesana pas tanggal 17 Agustus, waktu momen sunrise semua pengunjung otomatis nyanyi Indonesia Raya sama-sama. Sebuah momen menyentuh yang jarang saya dapatkan. Dengan ini ayas jadi bener-bener yakin kalo Indonesia itu luar biasa dan Tuhan yang memberi kita semua ini sangat-sangat super keren banget! Momen seperti ini yang kadang bikin ayas berpikir kalau kita sejatinya hanya bagian yang sangat kecil dari alam semesta ini. Meskipun kecil, tapi kita mempunyai tugas yang besar, menjaga dan melestarikan alam yang ada di sekitar kita.

blog

blog - all

Setelah menikmati sunset dan jeprat jepret sana sini, akhirnya kami memutuskan turun dan melanjutkan perjalana ke 2 lokasi selanjutnya, yaitu padang Savanna dan Pasir Berbisik. Tips lagi, usahakan bawa makanan sendiri karena waktu di kawah Bromo ini harga makanan dan minuman naik 2x lipat. Tapi wajar lah, jarak dan medan yang ditempuh buat ngebawa makanan minuman ke atas itu emang serem, jadi worthed lah. Tapi  kalo mau hemat ya itu tadi, bawa pop mie sendiri terus beli air panasnya (2rb perak). hahahaha

Padang Savanna. Tempat ini berupa hamparan luas Savanna yang dikelilingi oleh gunung. Orang setempat biasa menyebutnya bukit Teletubbies karena emang bentuknya mirip bukit Teletubbies, tapi kalau lagi gak kemarau kayak waktu kami kesini kemarin. Tempat yang cocok lah buat menghirup udara segar dan buat sejenak melupakan deadline TA.😛
Pasir Berbisik. Lokasi ini merupakan tempat buat syuting film Pasir Berbisik. Yang pasti kalau berkunjung ke lokasi ini, siapin masker. Karena debunya sudah gak bisa torelansi lagi. Ayas waktu kesini cuma sempet jepret sekali setelah itu selesai. Gak kuat sama debu dan emang udah kecapean. hehe

blog pano - savannaPadang Savanna / Bukit Teletubbies

blog - batok1Gunung Batok dan Pasir Berbisik

Dari Pasir Berbisik ini, kami semua memutuskan untuk selesai dan kembali pulang. Sudah cukuplah bersenang-senangnya, waktunya mengahadapi TA lagi. yaelah kelihatan banget kalo menderiTA. hahahaha

TIPS : jangan lupa minta nomer telepon Bapak-tukang-jeep + sebisa mungkin tawar harganya sebelum berangkat dan sebelum bayar harga penuh waktu udah selesai.